Mengenal dan Memahami Kinerja Activity Diagram

Memahami dan Mengenal Kinerja Activity Diagram

Saya akan menjelaskan salah satu UML (Unified Modelling Language) mengenal bagaimana kinerja sebuah activity diagram, tentunya bagi anda yang masih awam saya akan jelaskan bagaimana activity diagram bekerja.

Bagi anda yang belum mengerti apa itu UML, mungkin di artikel saya "Mengenal dan Mengerti UML" dapat anda baca dengan baik dan dapat melanjutkan artikel mengenai activity diagram atau diagram aktivitas.

Mengenal Activity Diagram

Activity Diagram berguna menggambarkan aktifitas yang terjadi pada sistem. Jadi acitivity diagram berisi aktivitas dari peran sesuatu terhadap sistem, struktur activity diagram juga mirip seperti flowchart jadi bagi anda yang sudah mengenal flowchart jadi mungkin akan cukup mengerti.

Komponen Acitivity Diagram
Activity Diagram sering digunakan dalam pemodelan proses bisnis, Aktivitas yang dimodelkan bisa berurutan dan secara bersamaan.
Illustrasi Acitivity Diagram : Jika anda pernah bermain sebuah drama, bayangkan anda adalah salah satu aktor atau aktris  di drama tersebut. Drama yang anda mainkan adalah menjadi cinderella tentunya terdapat peran masing masing aktor dan aktris, peran tersebut adalah aktivitas yang masuk kedalam activity diagram.

Fungsi Activity Diagram

  1. Menggambarkan  proses bisnis dan urutan aktivitas dalam sebuah proses.
  2. Memperlihatkan urutan aktifitas proses pada sistem.
  3. Activity diagram dibuat berdasarkan sebuah atau beberapa use case pada use case diagram.

Contoh : Memahami Alur Activity Diagram

Berikut ini adalah contoh kasus, pertama - tama pegawai menerima pesanan, lalu pegawai bisa langsung mengisi pesanan (fill order) dan mengirimkan tagihan (send invoice) saat pegawai mengisi pesanan, pelanggan bisa memilih prioritas pesanan. 

Jika iya maka akan masuk ke overnight delivery tetapi jika tidak akan masuk ke regular delivery.Setelah semua selesai maka pesanan akan ditutup dan pelanggan bisa menunggu pesanannya(Close Order). Decision digunakan untuk aktifitas conditional seperti ya atau tidak.

Memahami Alur Activity Diagram


Ada suatu kondisi ketika sistem kinerja pelanggan dan koki berjalan bersamaan ketika pelanggan melakukan pemesanan kemudian pesanan di berikan kepada koki, sistem yang berjalan bersamaan ialah koki memasak dan pelanggan menunggu pesanan atau diberikan boardgame supaya mengisi waktu luang untuk menunggu.

Sistem bersamaan diawali oleh fork node dan ketika sudah tidak bersamaan maka diakhiri oleh jain node.

Mengatasi Halaman Tidak Cukup Dalam Activity Diagram

Jika didalam kertas atau halaman anda tidak cukup untuk ditambahkan case lagi maka boleh ditambahkan konektor untuk menghubungkan halaman sebelumnya dan selanjutnya. Jika halaman pertama anda akhiri dengan konektor © maka halaman selanjutnya juga harus diawali dengan konektor ©.

Baca Juga : Mengenal dan Mengerti UML (Unified Modeling Language)

Tentunya dengan konektor ini akan mempermudah kinerja anda tidak perlu di tulis semuanya didalam 1 halaman kertas jadi membuat halaman anda lebih baik dan bisa dilihat. Anda dapat juga membuat 2 konektor namun symbol / flownya harus berbeda misalkan anda menggunakan konektor “c” dan flow yang berbeda dapat anda gunakan dengan konektor “a” kemudian awali atau dihubungkan dengan konektor yang sama pada halaman berikutnya.

Semoga artikel saya mengenai activity diagram atau diagram aktivitas dapat anda mengerti dengan baik. Terima Kasih !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel