Memahami Kegunaan Class Diagram

Memahami Kegunaan Class Diagram

Kali ini saya akan membahas mengenai class diagram, pada waktu saya kuliah semester 5 saya diajarkan mengenai class diagram, diagram ini mirip dengan ER-Diagram seperti pada perancangan databasenya namun hanya saja bedanya ER-Diagram tidak terdapat metode atau operasi tertentu dan hanya atribut.

Class diagram adalah salah satu bentuk model dari UML yang sudah saya jelaskan pada artikel "Mengenal dan Mengerti UML" terdapat juga beberapa model lainnya selain class diagram, bagi anda yang mungkin kurang tahu mengenai UML atau asal mula dari model class diagram anda dapat membaca artikel tersebut lebih dahulu.

Apa itu Class Diagram ?

Class diagram adalah model statis yang menggambarkan struktur dari suatu sistem dengan menunjukkan sistem kelas , atribut , operasi (atau metode), dan hubungan antara objek-objek.

Dalam membuat class diagram anda bisa menggunakan software Sybase atau software lain yang mungkin tersedia untuk membuat diagram kelas. Untuk macam-macam software dalam pembuatan UML saya biasanya menggunakan Sybase Power Designer dan Microsoft Visio.
Class diagram adalah gambaran dari struktur sistem yang terdapat sistem kelas, atribut, metode dan hubungan antar objek.
Kegunaan Class Diagram
Catatan Saya Mengenai Class Diagram
Class diagram memiliki atribut dan operation (metoda) dapat memiliki salah satu sifat berikut :
  1. Private - Hanya bisa dipanggil dari dalam kelas itu sendiri.  methode/atribut diawali “-“.
  2. Protected - Hanya dapat dipanggil oleh class yang bersangkutan dan  class turunannya. methode diawali dengan tanda “#”.
  3. Public - Dapat dipanggil  dari semua objek. methode/atribut diawali tanda “+”
Didalam hubungan antar kelas terdapat beberapa istilah seperti ; asosiasi, agregasi, komposisi, dan inheritance dan generalization yang berguna untuk pengembangan dalam pembuatan class diagram.

Kegunaan Class Diagram

Relasi  Generalisasi  digunakan dalam hubungan antara kelas induk dengan kelas turunan ( inherited) .

Relasi agregasi digunakan ketika satu kelas dibentuk (terdiri dari ) dari kelas kelas lain.

Relationship Multiplicity (Kardinalitas)

Mutiplicity atau multiplisitas menunjukkan jumlah suatu objek yang bisa berhubungan dengan objek lain.

Relationship Multiplicity

Inheritance adalah hubungan hirarkis antar class. Class dapat diturunkan dari class lain dan mewarisi semua atribut dan metoda class asalnya dan menambahkan fungsionalitas baru, sehingga ia disebut anak dari class yang diwarisinya. Kebalikan dari pewarisan adalah generalisasi.

Contoh Class Diagram

Contoh class diagram dibawah ini adalah mengenai sistem perpustakaan, terdapat beberapa database dan metode pada kartu anggota, calon anggota, pustakawan, formulir pendaftaran dan kepala perpus. Database yang dimaksud adalah atribut seperti ; nama, alamat, nrp, noag, alamat dan sebagainya sedangkan Metode adalah cetak kartu():void, memulai proses():void dan sebagainya.

Contoh Class Diagram

Semoga artikel kali ini mengenai class diagram atau diagram kelas dapat menambah wawasan anda dan sekaligus berguna untuk aktivitas anda. Sekian dan Terima Kasih !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel