Mengenal Window Navigation Diagram

Mengenal Window Navigation Diagram

Kali ini saya akan membahas mengenai window navigation diagram, diagram ini bertujuan untuk mendokumentasikan navigasi interface (tampilan) dari sebuah program dengan komponen-komponen yang tersedia di dalam program.

Definisi Window Navigation Diagram

Windows Navigation Diagram adalah sebuah diagram yang menggambarkan perpindahan atau transisi dari sebuah window ke window yang lainnya, berserta interface dasarnya dan tombol apa atau event apa yang menyebabkan perpindahan dari satu window ke window yang lain.

Untuk membuat diagram ini tidaklah sulit, anda hanya akan menjelaskan dari alur navigasi dari produk atau program yang anda buat. Dosen saya menjelaskan bahwa diagram ini hanya menggambarkan alur navigasi pada halaman atau form yang bersangkutan.

Baca Juga : Mengenal dan Mengerti UML

Seperti contoh, anda membuka blog ini kemudian anda akan menemukan beberapa menu diatas seperti home, about, kontak dan beberapa link artikel di halaman tersebut, itu adalah yang dimasukkan dengan navigasi.

Ketika anda klik home maka anda akan menuju halaman home, jika anda klik about maka akan menuju halaman about, jadi window navigation diagram menggambarkan tampilan dari halaman atau form.

Cara Membuat Window Navigation Diagram

Untuk membuat window navigation diagram tidaklah susah, terdapat kotak yang menggambarkan halaman, form, menu, report atau lainnya. Jika terdapat halaman cukup tulis <<page>> sedangkan untuk form cukup tulis <<form>> dan berlaku juga untuk yang lain.

Catatan Saya Mengenai Window Navigation Diagram
Catatan Saya Mengenai Window Navigation Diagram
Tentunya dalam membuat program anda harus memperhatikan pengalaman user dalam mengoperasikan program anda, dosen saya Eric Sugiarto juga menjelaskan tentang LEMES dalam pembahasan User Experience.

User Experience

  • Learnability (Program mudah dimengerti oleh user)
  • Effeciency (Efesien dalam penggunaan program tentunya tidak memakan waktu yang cukup banyak)
  • Memorability (Mudah di ingat dalam penggunaan program, contohnya di browser terdapat history halaman yang pernah kita buka.)
  • Erroless (Error atau tidaknya dalam penggunaan program)
  • Satisfication (Kepuasan user dalam penggunaan program)

Jadi dalam membuat program pastikan anda mengenal apa itu user experience untuk pengelolaan dan pengembangan program yang lebih baik lagi. Semoga artikel Mengenal Window Navigation Diagram dapat bermanfaat untuk anda. Terima Kasih !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel