Apa itu State Diagram ?

Mengenal dan Mengerti State Diagram

Salah satu model dari UML (Unified Modeling Language) adalah State Diagram, jenis diagram ini masuk dalam pelajaran sistem informasi atau informatika dan bidang terkait untuk menggambarkan perilaku sistem.

Baca Juga : Mengerti Unified Modeling Language, Yuk !

State Diagram mensyaratkan bahwa sistem yang diuraikan terdiri dari sejumlah keadaan yang terbatas ; Terkadang, ini memang terjadi, sementara di lain waktu ini adalah abstraksi yang masuk akal . Banyak bentuk diagram state ada, yang sedikit berbeda dan memiliki semantik yang berbeda .

State Diagram adalah sebuah model dari UML yang menggambarkan sebuah keadaan didalam sistem.
Diagram ini bisa memiliki banyak keadaan berbeda agar lebih memahami objek yang sulit, terkadang masuk akal untuk mengetahui semua kemungkinan objek yang berbeda dan bagaimana objek mencapai keadaan itu.

Setiap State Diagram biasanya dimulai dengan lingkaran hitam yang mengindikasikan keadaan awal dan diakhiri dengan lingkaran hitam yang memiliki border yang menunjukkan keadaan akhir.

Meskipun memiliki titik awal dan akhir yang jelas, harus diingat bahwa state diagram belum tentu UML terbaik untuk menjelaskan keseluruhan dari kejadian. Sebaliknya, mereka mengkhususkan diri dalam menggambarkan jenis perilaku tertentu - khususnya, bergeser dari satu keadaan ke keadaan lain.

Macam - Macam Simbol dan Notasi State Diagram

Banyak simbol yang berbeda dapat dimasukkan dalam state diagram. Ini adalah macam-macam dari simbol dan notasi state diagram berserta fungsinya ;

Simbol dan Notasi State Diagram

Simbol diatas adalah mewakili penggunaan dari state diagram, untuk mengambarkan state diagram yang baik dan benar. Untuk contoh state diagram dapat anda lihat dibawah ini, state ini adalah catatan saya mengenai pembahasan dosen saya sewaktu kuliah di iSTTS.

State Diagram
Catatan Mengenai State Diagram
Ini adalah contoh kasus yang di modelkan di state diagram, kasus tersebut mengenai peminjaman barang perusahaan, yang dimana peminjam harus melalui tahap kursus atau pembelajaran untuk meminjam barang perusahaan tersebut. Setelah itu peminjam dapat memilih barang yang dipinjam dengan batas waktu 24 jam saja kemudian jika sudah selesai dipinjam maka barang akan dikembalikan.

State diagram akan berguna sekali untuk menggambarkan keadaan dari kasus anda yang berhubungan dengna sistem. Semoga kali ini artikel saya mengenai state diagram dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel