Cara Edit Foto Bergerak dengan Plotagraph : Tutorial Lengkap

Sekarang instagram memang sudah merajalela, banyak artis-artis atau pengguna memamerkan foto mereka di media sosial yang satu ini. Instagram memang berguna sekali untuk public figure, kurang lebih instagram adalah tempat portfolio kita secara profesional atau hanya sebagai pengguna harian biasanya.

Cara Membuat Foto Bergerak Menggunakan Plotagraphs

Banyak efek-efek foto yang diupload oleh pengguna di instagram salah satunya adalah cinemagraph dan plotagraph. Efek seperti gambar bergerak namun hanya bagian-bagian tertentu yang digerakkan dan bukan gambar yang bergerak secara keseluruhan.

Perbedaan Cinemagraph dan Plotagraph

Sebelum mengenal lebih jauh bagaimana cara membuat efek, ada kalanya saya jelaskan mengenai perbedaan Cinemagraph dan Plotagraph supaya anda dapat menambah wawasan tentang dunia efek atau animasi foto.

Plotagraph

Plotagraph sedikit berbeda dengan cinemagraph, Plotagraph dimulai dengan sebuah foto yang diberikan sebuah animasi bergerak tetapi hanya objek tertentu saja. Misalnya anda mengambil foto dipantai terdapat beberapa objek foto seperti perahu dan awan.


Anda dapat menggerakan awannya seolah foto itu seperti hidup dan terlihat lebih cantik, tetapi objek lainnya dalam keadaan diam (freeze) jadi hanya beberapa objek tertentu yang hanya bisa digerakkan, untuk membuat plotagraph anda bisa melakukannya diafter effect menggunakan plugin dan tutorial yang tersebar di youtube, tetapi cara mudahnya menggunakan fasilitas dari plotagraphs.com dan anda dapat membuat animasi foto sesuka hati anda.

Cinemagraph

Seperti yang sudah saya jelaskan apa itu arti Plotagraph, sekarang saya akan membahas arti dari Cinemagraph. Cinemagraph adalah sebuah video yang dimana dianimasikan hanya area tertentu saja dengan menyeleksi dengan software photoshop atau after effect dan premiere pro ataupun menggunakan aplikasi mobile anda yang mungkin terdapat di playstore.


Tingkat kesulitan dapat diatasi dengan cinemagraph karena hanya menumpuk dari layer tersebut jadi hampir semua objek bisa dianimasikan, hanya saja pengambilan video yang terlalu sulit dilakukan harus menggunakan beberapa peralatan untuk mengambil video seperti tripod yang stabil selain itu efek yang diambil harus memiliki gerakan yang loopable (berulang-ulang).
Secara sederhana Cinemagraph adalah sebuah video yang dianimasikan menjadi sebuah foto yang bergerak (gif) atau video kemudahan terdapat bagian editingnya hanya saja kesulitan untuk pengambilan video, sedangkan Plotagraph adalah sebuah foto yang dianimasikan menjadi sebuah video namun tidak semua objek dapat dianimasikan begitupun juga editingnya membutuhkan waktu yang lama dan harus teliti.
Banyak filter-filter efek pada foto di instagram yang digunakan, tetapi untuk membuat plotagraph harus menggunakan fitur diluar instagram yang terdapat di plotagraphs.com. Saya akan membuat langkah yang mudah untuk anda mengerti akan tutorial membuat foto bergerak di Instagram dengan hasil yang berupa video.

Cara Membuat Foto Bergerak dengan Plotagraph

Perlu anda ketahui bahwa hasil jadi dari efek yang satu ini adalah berupa video, jadi untuk menampilkan gambar bergerak di instagram harus menggunakan video dan itu lebih baik daripada hasilnya berupa gif selain tidak bisa digunakan di instagram kualitas yang dihasilkan menjadi lebih berat dan kurang bagus.

Plotgraphs.com memberikan sebuah dua cara untuk anda me-animasikan foto anda, salah satunya dengan menggunakan software dan menggunakan fitur website. Software atau fitur website Plotgraphs diberikan secara free atau gratis untuk anda gunakan.

Jika anda menggunakan software anda wajib mendownload file yang nanti anda akan jalankan sudah berupa program dekstop, jika menggunakan website anda hanya perlu mengunjungi situsnya saja dan menjalankan fiturnya diwebsite tanpa perlu didownload.
  • Download Plotagraphs Free : Jika menggunakan software dari Plotgraphs.com untuk dijalankan di deskstop tanpa menggunakan internet.
Sayangnya aplikasi ini tidak tersedia di android dan hanya tersedia di PC atau laptop anda, untuk mendapatkan versi pro anda harus menyewa sesuai dengan harga yang ditawarkan dengan demikian anda dapat menggunakan fitur premium dan effect - effect lainnya dari plotagprahs.com.

Langkah-Langkah Edit Gambar Bergerak Menggunakan Plotagraph

Saya akan jelaskan secara detail dengan bahasa yang mudah dimengerti, tutorial saya tidak terlalu panjang mengenai edit foto bergerak dengan ploatagraphs, cukup simak baik-baik anda akan dapat mengerti yang saya maksud.

Untuk Instagram pastikan resolusi anda harus kotak kurang lebih atur 1000px X 1000px agar sesuai dengan kotak atau jika ukuran default (bawaan) juga tidak masalah bagi plotagraphs.

Langkah 1 : Membuat Project Baru di Plotagraphs

Setelah anda mendownload software plotagraph atau mengunjungi plotagrraphs.com, langkah pertama yang anda lakukan ialah membuat project baru dan memilih gambar yang akan diedit atau foto-foto anda sendiri. Pastikan untuk memilih gambar atau foto yang di edit dengan plotagraph berikan sebuah objek atau sela dimana dapat dianimasikan.

Langkah 1 Menggunakan Plotagraphs.com

Langkah 1 Menggunakan Plotagraphs.com

Langkah 1 Menggunakan Plotagraphs.com

Langkah 2 : Menyeleksi Area yang tidak ingin digerakkan

Setelah anda membuat project dan sudah menamainya, kemudian kita akan langsung menseleksi area yang tidak ingin kita gerakan, contohnya menggunakan stabilizer tool dengan menggunakan tool tersebut terdapat titik yang akan otomatis tidak terkena seleksi dalam gerakan.

Cara Edit Foto Mudah dengan Plotagraph : Tutorial Lengkap

Cara Edit Foto Mudah dengan Plotagraph : Tutorial Lengkap

Berikan seleksi yang nantinya akan sedikit berbeda dengan software photoshop, stabilizer tool akan berupa titik jika dalam free version jika dalam ploatagraphs pro anda dapat menggunakan brush yang memudahkan untuk melakukan animasinya.

Langkah 3 : Animasikan Menggunakan Animation Point

Untuk menganimasikan foto anda, cukup mudah. Anda pilih animation point tepat diatas fitur diatas stabilizer point dimana nantinya akan berupa tanda panah, panah tersebut berguna untuk menggerakan ke arah yang anda tentukan sendiri.

Cara Edit Foto Mudah dengan Plotagraph : Tutorial Lengkap

Cara Edit Foto Mudah dengan Plotagraph : Tutorial Lengkap
Jangan gunakan panah yang terlalu panjang atau melebihi batas stabilizer point yang mungkin animasi foto anda akan terasa aneh atau mungkin rusak tidak beraturan.

Langkah 4 : Animasikan sesuai dengan yang Anda Inginkan

Sebenarnya cara melakukan editing diatas sudah selesai, namun jika anda ingin melakukannya lebih bagus dan lebih detail anda dapat mengulangi apa yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

Cara Edit Foto Mudah dengan Plotagraph : Tutorial Lengkap

Jika animasi anda sudah selesai, maka klik tombol play yang berada di tengah tersebut, yang berguna untuk menampilkan animasi dan frame perulangannya. Setelah itu anda dapat mengatur perluangan animasi menjadi berapa detik yang nanti akan dirender menjadi video didalam animation options.

Setting Animation Options di Plotagraphs

Kemudian anda dapat melihat preview lagi, dengan klik tombol play.

Langkah 5 : Export Video - Selesai

Jika proses editing anda sudah selesai, langkah yang terakhir adalah export atau melihat hasil jadinya dalam video. Cara export cukup mudah, pastikan anda mengunakan koneksi internet kemudian pilih tombol export yang berada dibawah tombol crop tepat pojok kanan bawah.

Export Animasi Plotagprahs di PC

Setelah menekan tombol export tersebut, kemudian akan muncul dialog box lagi dengan opsi "Plotagraphs Export" dan "Custom Export", anda dapat pilih Plotagraphs Export karena akan masuk dalam akun plotagraphs.com di website tersebut, tetapi saya sarankan Custom Export saja.

Export Video Plotagraphs yang sudah di Edit

Kemudian ikuti settingan Custom Export sesuai dengan gambar dibawah ini agar lebih mudah.
Export Video Plotagraphs yang sudah di Edit

Setelah itu pilih My Export dan download file video anda yang sudah di edit dengan plotagraphs, hanya tunggu beberapa detik saja baru anda dapat mendownload.

Export Video Plotagraphs yang sudah di Edit

Cara Edit Foto Bergerak dengan Plotagraph : Tutorial Lengkap

Efek foto yang dimiliki plotagraphs tentu saja membuat orang terkagum-kagum, karena sebuah hal yang bersangkutan dengan fotografi dan cinematografi jadilah plotagraphs. Dengan menggunakan software ini anda dapat menganimasikan sesuai dengan yang anda inginkan, terdapat beberapa efek-efek foto yang lain jika anda menggunakan versi pro.


Semoga tutorial mengenai cara edit foto bergerak dengan plotagraphs dapat bermanfaat untuk anda, jika terdapat masalah atau ada hal yang perlu dipertanyakan silakan isi di kolom komentar. Sekian dan Terima kasih !
josephvoxone 2

Tidak ada komentar untuk "Cara Edit Foto Bergerak dengan Plotagraph : Tutorial Lengkap"