4 Cara Terbaik Mengatasi Wifi Limited pada Windows

Internet memang sangatlah berperan penting bagi kita, tanpa internet kita susah untuk berinteraksi dengan sesama online, biasanya internet didapat dari lan atau jaringan wifi yang tersedia di rumah, cafe, apartemen atau tempat-tempat umum lainnya. Dengan adanya wifi sangat memudahkan kita untuk internetan dari laptop atau komputer.

4 Cara Terbaik Mengatasi Wifi Limited pada Windows

Masalah yang dialami kini ialah Limited Wifi Access atau No Internet Access windows 7, 8 ataupun 10, yang dimana tidak dapat digunakan untuk browsing atau berinteraksi secara online. Terdapat dua kemungkinan yang mungkin menjadi penyebab wifi limited access dan no internet access :
  1. Router wifi yang sudah dibatasi penggunaannya.
  2. Settingan Jaringan Windows anda yang bermasalah.
Biasanya ditempat umum, wifi disetting dengan membatasi jumlah penggunanya dengan demikian wifi tidak terasa lemot saat digunakan beberapa orang dan yang kedua adalah konfigurasi jaringan anda yang bermasalah.

4 Cara Mengatasi Wifi Limited Acces di Windows

Windows 10 dan windows 8 sering kali mengalami masalah limited acces ketika terkoneksi dengan wifi atau hotspot, biasanya terdapat masalah "Limited Connectivity" dan "No internet access".

Bagaimana cara mengatasi wifi limited access ? 
Untuk mengatasi permasalahan limited access, terdapat 4 cara yang mungkin salah satunya dapat anda coba untuk mengatasi limited access pada windows anda, dengan demikian anda dapat terhubung internet lagi.

Cara 1 : Mengatur Ulang Konfigurasi IP Windows

Dengan mengatur ulang konfigurasi ip windows, dapat mengembalikan jaringan anda kembali normal. Untuk mengatur ulang anda terlebih dahulu masuk kedalam Network and Sharing Center.

Mengatur Ulang Konfigurasi IP Windows

Anda dapat klik kanan jaringan wifi anda pada taksbar sebelah kanan bawah, kemudian pilih "Open Network and Sharing Center".

Mengatur Ulang Konfigurasi IP Windows

Setelah muncul, anda pilih connections Wireless Network Connection dan kemudian muncul dialog box lagi, pilih properties.


Setelah pilih properties, akan muncul dialog box lagi kemudian klik dua kali "Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)" atau langsung klik properties saja.

Mengatur Ulang Konfigurasi IP Windows

Setelah itu akan muncul konfigurasi yang mungkin menjadi penyebab no internet access atau limited access pada wifi, untuk menghilangkan hal tersebut anda pilih "obtain an IP addresss automatically".

Mengatur Ulang Konfigurasi IP Windows
Mengatur Ulang Konfigurasi IP Windows

Setelah itu anda cukup klik "Ok" semua dialog box yang sudah muncul sebelumnya dan setelah itu cek koneksi internet anda sudah terhubung atau masih memiliki masalah yang sama. 

Jika masih memiliki masalah yang sama, bisa disimpulkan anda harus mengikuti settingan dari router wifi tersebut dengan cara mengubah kembali konfigurasi IPv4, karena router wifi anda dibatasi untuk penggunaannya.
Cukup ganti dengan settingan ip yang sama, setelah itu klik "Ok".

4 Cara Terbaik Mengatasi Wifi Limited pada Windows

Kemudian cek kembali apakah koneksi anda sudah terhubung di internet, dengan cara mengatur ulang menjadi default kemungkinan masalah ini dapat terpecahkan.

Cara 2 : Reset Netsh dengan CMD

Untuk menggunakan Netsh harus menggunakan command prompt untuk menjalakannya, terlebih dahulu anda mejalankan sebagai adminitrator (Run as Administrator). Untuk windows 8 dan windows 10 anda dapat langsung klik kanan pada start menu kemudian pilih Command prompt (Admin).

Reset Netsh dengan CMD

Sedangkan untuk windows 7, terlebih dahulu anda membuka start menu kemudian cari 'cmd' setelah itu klik kanan pilih "Run as Administrator".

Menggunakan Netsh dengan CMD

Setelah itu ketikkan : netsh int ip reset C:\resetlog.txt di command prompt.

Menggunakan Netsh dengan CMD

Kemudian restart laptop atau komputer anda dan coba cek kembali internet anda.

Menggunakan Netsh dengan CMD

Cara 3 : Menghapus dan Menginstall Kembali Driver Wifi

Driver yang bermasalah mungkin menjadi penyebab wifi anda menjadi limited, mungkin driver anda telah usang ketika menginstall windows 8 atau windows 10 yang versi terbaru. Maka dari itu tidak ada salahnya jika menghapus driver lama kemudian memperbaharui dengan driver yang baru.

Caranya cukup mudah tidak perlu mendownload driver wifi anda disitus-situs tertentu, hanya uninstall dari device manager kemudian scanning ulang driver wifi anda kemudian windows akan otomatis memasang driver yang sudah dihapus.

Baca Juga : Cara Terbaru Mengatasi Speedy Terisolir Tanpa Software

Pertama anda membuka explorer kemudian pilih system properties, cara ini tidak hanya berlaku di windows 10 saja tetapi juga di windows 8 dan windows 7.

Menghapus dan Menginstall Kembali Driver Wifi

Kemudian terdapat menu sebelah kiri pilih device manager.

Menghapus dan Menginstall Kembali Driver Wifi

Setelah itu anda pilih bagian network adapter, cari tipe device Wireless Network adapter. Kemudian klik kanan pilih uninstall.

Menghapus dan Menginstall Kembali Driver Wifi

Setelah berhasil di uninstall, kemudian lakukan scanning device lagi dengan cara klik kanan pada nama pc anda "Scan for Hardware Changes". Windows akan bekerja melakukan instalasi pada driver anda.

Menghapus dan Menginstall Kembali Driver Wifi

Setelah itu periksa dan hubungkan dengan koneksi wifi anda yang sebelumnya.
Ketika driver dihapus, akan berakibat semua password wifi yang sudah pernah anda masukkan sebelumnya akan hilang. Jadi perlu diperhatikan bahwa anda harus mengingat password wifi anda yang sebelumnya.

Memaksimalkan Peforma Wifi

Didalam settingan hardware wifi anda, yang terutama anda menggunakan laptop untuk memaksimalkan peforma wifi anda. Anda dapat menghilangkan centangan "Allow the computer to turn off this device to save power" yang berarti menghilangkan fitur untuk meminimalisir daya penggunaan wifi dengan mematikan wifi anda.

Untuk menghilangkan centangan, sama seperti cara diatas kemudian klik kanan pilih properties.

Memaksimalkan Peforma Wifi
Setelah itu pilih power management dan hilangkan centangan "Allow the computer to turn off this device to save power".

Memaksimalkan Peforma Wifi

Dengan menghilangkan centangan dari save power, berarti menggunakan peforma maksimal dari wifi laptop anda dengan demikian wifi dapat bekerja dengan maksimal, tetapi memang konsekuensinya daya baterai laptop anda cepat habis.

Cara 4 : Mengatur Netsh dengan CMD di Windows

Jika dari semua cara diatas belum ada yang berhasil, kemungkinan cara yang terakhir ini menjadi cara yang bisa membantu anda untuk mengatasi wifi limited sehingga anda dapat kembali terhubung internet.

Baca Juga : Cara Mengatasi Google Custom Search Pada Browser

Pertama klik kanan pada start menu di windows 8.1 atau windows 10 anda kemudian pilih "Command Prompt (admin)" atau langsung tekan tombol Windows + X + A.

Mengatur Netsh dengan CMD di Windows

Setelah itu masukkan atau ketikkan kode dibawah ini kedalam command prompt.
  • netsh int tcp set heuristics disabled
  • netsh int tcp set global autotuninglevel=disabled
  • netsh int tcp set global rss=enabled
Mengatur Netsh dengan CMD di Windows

Setelah itu restart pc atau laptop anda, kemudian koneksikan kembali wifi anda, dari semua cara diatas sudah pernah dicoba dan membuahkan hasil yang cukup baik dalam mengatasi masalah wifi limited access di windows anda. Jika ada yang perlu pertanyakan atau memiliki masalah yang lain silakan tulis dikolom komentar yang tersedia dan Semoga bermanfaat !
josephvoxone 2

Tidak ada komentar untuk "4 Cara Terbaik Mengatasi Wifi Limited pada Windows"