Mengenal DSL dan ADSL Menjadi Penyebab Kecepatan Koneksi Internet

Informasi Apa yang Anda Cari ?

informasi tentang Windows, Internet, Game, PC, dan lainnya
Browsing Informasi lebih baik daripada Browsing Pornografi

Mengenal DSL dan ADSL Menjadi Penyebab Kecepatan Koneksi Internet

Sebelumnya anda pernah berlanggan internet dirumah dari provider telkom (indie home), my republic, first media, mnc dan sebagainya. Namun sayangnya anda belum pernah mengerti apa itu yang dimaksud dengan DSL dan ADSL.

Waktu memakai jaringan koneksi mungkin hal ini bisa terjadi di anda, Mengapa koneksi download lebih cepat daripada upload atau koneksi upload lebih cepat daripada download. Mungkin itu sempat terngiang dikepala anda, mungkin itu juga menjadi problema anda.

Baca Juga : Cara Mengatasi Layar Laptop Tiba-Tiba Redup

Saat anda mengecek koneksi Internet anda, yaitu download dan upload mungkin akan terjadi perbedaan, seperti saya ini mengecek koneksi internet di www.speedtest.net dan inilah hasil koneksi internet rumah saya.

Mengenal DSL dan ADSL Menjadi Penyebab Kecepatan Koneksi Internet
Kecepatan koneksi download lebih cepat daripada upload
Saya mungkin pernah menjawab, mungkin dari sananya jaringannya berubah tapi sebenarnya bukan karena jaringan yang berubah, karena software laptop atau hardware network pada laptop atau komputer kita, tetapi dari jaringan modemnya yang berbeda yaitu DSL dan ADSL.

Apa perbedaan ADSL dan DSL ?

Untuk memperdalam apa itu teknologi penghantar data digital yang biasa digunakan orang-orang saat berinternet melalui berlangganan provider jaringan internet yang mungkin di Indonesia sudah satu paket bersama telepon dan televisi.

Apa itu DSL ?

Digital subscriber line (disingkat DSL) adalah teknologi yang menyediakan penghantar data digital melewati kabel yang digunakan dalam jarak dekat dari jaringan telepon setempat. Biasanya kecepatan download DSL berkisar dari 128 kb/d sampai 24.000 kb/d tergantung dari teknologi DSL tersebut. Kecepatan upload atau unggah DSL lebih rendah daripada unggah ADSL namun sama cepat dengan teknologi SDSL.
Koneksi Kecepatan Internet
DSL merupakan teknologi akses Internet menggunakan kabel tembaga, sering disebut juga sebagai teknologi suntikan atau injection technology yang membantu kabel telepon biasa dalam menghantarkan data dalam jumlah besar. 

DSL sendiri dapat tersedia berkat adanya sebuah perangkat yang disebut digital subscriber line access multiplexer. Untuk mencapai tingkat kecepatan yang tinggi, DSL menggunakan sinyal frekuensi hingga 1 MHz. Lain halnya untuk ADSL, sinyal frekuensi yang dipakai hanya berkisar antara 20 KHz sampai 1 MHz. 

Apa itu ADSL ?

ADSL sebenarnya adalah anak dari DSL dengan kata lain bentuk lain dari teknologi DSL, ADSL atau kepanjangannya Asymmetric digital subscriber line. ADSL merupakan salah satu dari beberapa jenis DSL, disamping SDSL, GHDSL, IDSL, VDSL, dan HDSL. 

Koneksi Internet ADSL
Koneksi Internet ADSL
Sementara untuk penggunaan ADSL di Indonesia seperti Speedy, kecepatan yang ditawarkan berkisar antara 1024 kbps untuk downstream dan 128 kbps untuk upstream. Kecepatan downstream inilah yang menjadikan ADSL lebih cocok untuk penggunaan pribadi. 

Umumnya, pengguna pribadi lebih banyak kegiatan menerima, dibandingkan kegiatan mengirim. Seperti mengunduh data, gambar, musik, ataupun video.

Jadi dari ketiga definisi tersebut terdapat bagian poin-poin perbedaan ADSL dan DSL, mungkin anda sekarang paham koneksi jaringan anda termasuk teknologi yang mana ?

Artikel Pilihan Untuk Anda

Berikan Komentar Pertama "Mengenal DSL dan ADSL Menjadi Penyebab Kecepatan Koneksi Internet"

Post a Comment