Mengenal dan Mengerti UML

Unified Modeling Language

Unified Modeling Language atau biasa disingkat sebagai UML adalah bahasa spesifikasi standar untuk mendokumentasikan, menspesifikasikan, dan membangun sistem perangkat lunak (software). UML bertujuan supaya orang dapat memahami sistem yang anda bangun dengan berupa modeling.



Seperti contoh anda menjelaskan secara lisan tentang baju yang anda sukai, dalam imajinasinya orang mungkin menggambarkan presepsi yang berbeda dari yang anda maksud, tetapi lebih jelas lagi jika anda menggambarkan secara langsung (visual), orang akan mengerti seperti apa yang anda maksud.
Jadi UML adalah suatu bahasa yang digunakan untuk menentukan, memvisualisasikan, membangun, dan mendokumentasikan suatu sistem informasi.
Mengenal dan Mengerti UML
Diagram salah satu bentuk UML
UML merupakan standar yang menjadikannya sebagai bahasa pemodelan yang umum dalam industri software dan pengembangan sistem. Jadi ketika anda bertemu dengan client (pelanggan) anda, tentunya dalam membangun sistem anda perlu menjelaskan konsep dari alur sistem anda dengan UML.

Macam-Macam UML

Saya akan menjelaskan 6 macam UML diagram untuk memodelkan berorientasi objek, yaitu :
  1. Use Case Diagram
  2. Sequence Diagram
  3. State Diagram
  4. Activity Diagram
  5. Class Diagram
  6. Window Navigation Diagram
Terdapat 4 macam diagram yang paling sering digunakan dalam pembangunan aplikasi berorientasi object, yaitu use case diagram, sequence diagram, collaboration diagram, dan class diagram.

Bagaimana Cara Membuat UML ?

Berikut ini ada beberapa software berbayar untuk membuat UML yang biasa disebut dengan CASE (computer aided software engineering). Ada beberapa CASE yang umum digunakan oleh para profesional yang menggunakan UML, diantaranya:
  1. Sybase Power Designer
  2. Rational Rose
  3. Microsoft Visio
  4. Enterprise Architect
Bagi anda yang ingin mendapatkan software untuk membuat UML secara gratis, berikut ini CASE open source yang dapat digunakan secara bebas :
  1. StarUML
  2. DIA Diagram Editor
  3. Umbrello
  4. ArgoUML
  5. Software Ideas Modeller
  6. Eclipse UML2

Bagaimana membuat Model yang Baik ?

Sebelumnya mungkin anda masih bingung dan bertanya-tanya tentang model, "Bagaimana dapat membuat model UML yang baik ?" Dosen saya di iSTTS pernah mengajarkan dalam membuat model yang baik bisa di illustrasikan seperti ;

Anda membuat sebuah program yang sesuai dengan tujuan sistem anda, kemudian program tersebut akan akan diberikan kepada anak kecil, kalaupun anak kecil tersebut tahu apa alur sistem anda maka program andapun sudah dapat dimengerti orang lain dengan baik.

Jadi dalam membuat model yang baik adalah dapat di mengerti dengan baik oleh orang lain.

Semoga artikel Mengenal dan Mengerti UML yang saya sampaikan dapat anda mengerti dengan baik, jika ada pertanyaan silakan kirim di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel