Cara Memperbaiki Laptop Mati Total Mendadak

Banyak sekali hal yang menyebabkan laptop anda menjadi mati total atau laptop mati mendadak, meskipun beberapa faktor misalnya ; charger sudah dinyalakan atau lampu indikator menyala tetap saja laptop anda tidak menampilkan apapun dilayar.

Dari mencolokkan charger dan kemudian laptop dihidupkan tidak ada reaksi sama sekali, bahkan layar tetap menjadi gelap. Kenapa hal tersebut bisa terjadi di laptop anda ? Artikel kali ini akan mengulas tentang laptop yang mati total.

Cara Memperbaiki Laptop Mati Total Mendadak
Daripada emosi pusing mikir laptop mending coba cara yang satu ini !

Cara ini tidak hanya berlaku untuk laptop khusus tetapi juga berlaku untuk laptop asus, acer, toshiba, dell atau lainnya mengalami masalah yang seperti ini.

Faktor Penyebab Laptop Mati Total

Akhir-akhir ini mungkin anda kesal karena laptop anda mati secara tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya. Beberapa faktor ini bisa menjadi penyebab laptop anda mati total atau mati secara mendadak.
  1. Power Adapter mengalami masalah
  2. Memory Utama rusak atau tidak tepat pada kondisinya
  3. Processor sudah rusak karena terkena overheat (kepanasan)
  4. Mainboard atau Motherboard rusak atau mengalami masalah pada IC (komponen dalam  mainboard)
Faktor tersebut bisa menjadi salah satu penyebab laptop anda mati total, mungkin karena lampu charger menyala tapi masih belum bisa nyala atau malah indikatornya tidak menyala sama sekali.

Cara Memperbaiki Laptop Mati Total


Berikut ini adalah solusi untuk bisa menyalakan kembali laptop anda, tips ini cukup mudah untuk anda coba. Cara ini akan digunakan untuk menggali informasi mencari penyebab laptop anda mati.

Baca Juga : Cara Mengatasi Layar Laptop Tiba-Tiba Redup

1. Menyalakan Laptop Tanpa Baterai

Cara pertama ini adalah cara yang cukup mudah, karena dari sini kita akan mendapatkan informasi mana yang terjadi kerusakan pada laptop anda, pertama anda lepas baterai laptop anda kemudian anda charger laptop anda. Jika indikator charger menyala namun laptop anda tidak menyala kemungkinan yang terjadi masalah pada laptop anda bukan charger anda.

Untuk baterai tanam atau baterai yang sudah onboard tidak bisa dilepas, anda dapat mengecek melalui lampu indikator charger menyala atau tidak. Jika tidak menyala keduanya maka anda dapat cek charger anda di laptop yang sama mungkin kepada kerabat anda atau teman anda.
Cara ini hanya untuk mengecek kondisi laptop jika terjadi kerusakan hanya pada adapter laptop anda cukup mengganti charger saja, harga charger tidak mahal mungkin hanya sekitar Rp. 200.000 dan carilah yang bergaransi dan original.

2. Bersihkan CPU Fan (Heatsink)

Mungkin laptop anda sudah bertahun-tahun digunakan, secara luar laptop anda terlihat bersih namun dalam ventilasi atau dalam laptopnya tentu akan kotor karena debu yang masuk selama bertahun-tahun. Maka dari itu kebersihan laptop sangat perlu untuk dijaga jika pembuangan hawa panas dari CPU terhambat karena debu maka bisa berakibat overheat  atau suhu laptop yang tidak wajar.

Cara Memperbaiki Laptop Mati Total Mendadak
Bersihkan pada bagian heatsink laptop !
Baca Juga : 5 Aplikasi Terbaik dan Gratis untuk Optimasi Laptop

Anda dapat membuka laptop anda dan bersihkan debu yang ada terutama bagian ventilasinya, jangan gunakan semprotan air untuk membersihkannya cukup gunakan kain kering dan kuas kecil.

3. Cabut dan Bersihkan Memori RAM

Memori RAM yang tidak tepat dapat membuat laptop kita menjadi lambat atau hang, karena penyimpanan sementara mengalami gangguan. Maka dari itu jika anda membersihkan laptop anda dapat mengecek seluruh kondisi komponen laptop.

Cara Memperbaiki Laptop Mati Total Mendadak
Cabut dan pasang kembali RAM Laptop !

Untuk membersihkan RAM dapat anda cabut dengan terlebih dahulu melihat tutorial di youtube cara melepas ram pada laptop agar anda lebih hati-hati dan tidak merusak komponen lainnya.

Cara ini sebenarnya cara yang tidak mengeluarkan biaya sekalipun, sebenarnya masih banyak cara yang masih bisa anda coba, namun untuk lebih tepat dan akuratnya lebih baik anda bawa ke service center laptop anda. Semoga cara memperbaiki laptop mati total dapat berguna bagi anda yang mangalami masalah tersebut. 

josephvoxone 2

Tidak ada komentar untuk "Cara Memperbaiki Laptop Mati Total Mendadak"